Kerjasama Masyarakat dalam Perawatan dan Pelestarian Infrastruktur Desa

Suasana penyampaian LPJ oleh ketua tim pelaksana pembangunan Desa Glodog Kecamatan Gayam Bojonegoro

 

BOJONEGORO – Tim Pelaksana Pembangunan (TPP) Desa Begadon, Kecamatan Gayam menggelar Musdes Pertanggungjawaban Program Aksi Kemitraan untuk Pemberdayaan Masyarakat (Patra Daya) yang difasilitasi IDFoS Indonesia dan LSPM. Acara yang dikemas dalam rembug warga tersebut berjalan dengan lancar.

Musdes Pertanggungjawaban dan Serah Terima dilaksanakan pada Kamis (02/03/2017) di balai desa setempat. Acara dihadiri oleh perangkat desa, perwakilan RT/RW, tim pelaksana pembangunan, tokoh masyarakat, BPD, tokoh agama, LPMD dan PKK. Selain itu hadir juga tim dari IDFoS Indonesia, LSPM dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB itu diawali oleh sambutan dari Kepala Desa, Pardi. Dalam sambutannya, pihaknya menyampaikan agar masyarakat saling bekerja sama untuk menjaga fasilitas yang telah dibangun tersebut.

Dilanjutkan sambutan dari humas EMCL, Slamet Riyadi. Dia mengatakan, laporan pertanggungjawaban merupakan bagian dari open government. Dan berharap semoga program yang berjalan dan sudah terimplementasi dapat digunakan dan dimanfaatkan sekaligus dipelihara bersama.

Usai sambutan dari EMCL dilanjutkan penyampaian laporan pembangunan paving jalan desa oleh perwakilan dari TPP, Hartoyo dampingan dari IDFoS dan dilanjutkan penyampaian laporan pertanggungjawaban pembangunan TPT (Tembok Penahan Tanah) oleh perwakilan TPP, Bisri dampingan dari LSPM.

Dalam laporannya, ketua TPP menyampaikan seluruh tahapan yang dilalui dalam pelaksanaan program Patra Daya 2016. Seperti jenis bangunan, tahapan pembangunan mulai dari 0% -100% dan rincian penggunaan dana yang digunakan dalam pembangunan tersebut.

Sebelum musdes diakhiri, dilanjutkan diskusi rencana tindak lanjut yang di pimpin oleh Masruchin. Hasilnya, untuk pemeliharaan infrastruktur, lingkungan diminta menyelesaikannya. Sehingga sesuai kesepakatan warga desa Begadon, apabila ada kerusakan besar, akan diselesaikan pihak desa.

Patra Daya merupakan program kemasyarakatan yang didampingi IDFoS dan didukung oleh ExxonMobil Cepu Limited, Pertamina EP Cepu, Badan Kerja sama Blok Cepu di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: