Kades Sukoharjo: Pembangunan Jembatan Sangat Terasa Manfaatnya

BOJONEGORO – Pembangunan infrastruktur publik yang ada dalam Pogram Patra Daya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.  

Hal ini seperti disampaikan Kepala Desa (Kades) Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu Dwi Setyono setelah acara rembug warga pertanggungjawaban Program Patra Daya di desa setempat, Kamis (31/3/2016), di balai desa setempat.

Menurut Dwi Setyono, manfaat yang dirasakan dengan adanya pembangunan jembatan melalui Program Patra Daya tahun 2015/2016 yang didampingi oleh IDFoS, sangat terasa.

“Adanya jembatan ini sangat mengena bagi masyarakat karena sangat dibutuhkan sekali. Biasanya untuk menuju jalan seberang harus memutar terlebih dulu. Dengan adanya jembatan, kita bisa langsung lewat,” katanya.

Selain memudahkan alur transportasi di Desa Sukoharjo, pembangunan jembatan tersebut juga dirasa bermanfaat untuk kelancaran aliran air.

 “Terkait kelancaran air, karena selama ini banyak terjadi genangan saat hujan, terutama di RT 3 dan 2. Kalau hujan tinggi, air akan ikut naik dan banyak terjadi genangan di jalan dan menyebabkan aliran tidak lancar. Setelah ada jembatan, air bisa lancar,” ungkapnya.

Dia berharap, pada waktu mendatang ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) kembali memberikan bantuan berupa pembangunan jembatan dan perbaikan jalan. Namun jika tidak, pihaknya telah merencanakan pembangunan tersebut melalui program desa.

”Kalau tahun depan EMCL ada bantuan lagi, kita bangun lagi. Namun jika tidak, ini sudah direncanakan di program desa melalui dana desa yang telah kita masukkan juga di RPJM Desa,”tuturnya.

Disinggung terkait kendala program, Kades mengungkapkan, dinamika di desa selalu ada pro dan kontra. Namun, dia memastikan pro dan kontra tersebut tidak sampai menimbulkan masalah yang berarti.

Dalam Program Patra Daya 2015/2016, sesuai dengan rencana yang disepakati dalam rembug warga perencanaan, masyarakat Desa Sukoharjo menyepakati dua jenis pembangunan. Yakni, tiga buah jembatan penghubung jalan lingkungan dan pembangunan jalan paving di empat titik.

Program Patra Daya adalah program yang didukung oleh ExxonMobil Cepu Limited, Pertamina EP Cepu, Badan Kerja Sama Blok Cepu di bawah pengendalian dan pengawasan SKK Migas yang didampingi oleh IDFoS Indonesia, yang merupakan program kegiatan penunjang operasi sumur minyak Banyu Urip. (iwd/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: