Jamin Keterbukaan, Koreksi LJK di Hari yang Sama

BOJONEGORO – Ujian tulis seleksi perangkat desa yang diikuti 7.668 peserta dan dilaksanakan di 28 kecamatan se-Bojonegoro dilaksanakan secara serentak pada Kamis (26/10/2017).

Dari 1.236 lowongan yang tersedia, jabatan yang kosong terdiri atas 190 jabatan sekretaris desa (sekdes), 87 kaur pemerintahan/kasi pemerintahan, 74 kaur pembangunan/kasi kesra, 84 kaur umum/kaur TU umum, 106 kaur keuangan dan 164 kepala dusun.

Menurut Jumari, selaku tim Kabupaten, dengan scanner ini koreksi lebih cepat dan efisien dengan kebenaran, karena berhubungan dengan teknologi bukan manusia. Sehingga untuk kekeliruan sangat kecil.

“Dan saya yakin hasilnya jauh lebih transparan dan lebih cepat, sehingga nanti pulang sudah mengetahui hasilnya,” ucapnya.

Setelah scanner selesai, tabulasi akan langsung di-email ke kecamatan. Kemudian, tim koordinasi kecamatan menyerahkan ke masing-masing desa untuk dicetak dan tim desa yang mengumumkan.

Untuk tahapan selanjutnya, tim desa akan melaporkan ke kepala desa. Sehingga, kepala desa akan mengajukan usulan ke kecamatan  untuk memperoleh rekomendasi mana yang untuk diangkat menjadi perangkat desa.

Harapannya akan memperoleh perangkat yang benar-benar memenuhi harapan seperti yang diharapkan oleh pemerintah desa, bisa IT dan bisa bekerjasama dengan pemerintah desa dan melaksanakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Djoko Lukito, tim kabupaten lainnya menambahkan, menanggapi adanya indikasi-indikasi kecurangan yang terjadi, antisipasi yang dilakukan adalah jika ada yang “bermain”, langsung dilaporkan ke polisi.

”Tidak ada lagi permainan-permainan, itu adalah salah satu bentuk upaya menghindari adanya tindak kecurangan,” tambahnya.

Untuk scanner, lanjut Djoko, koreksi seluruh lembar jawaban diselesaikan hari itu juga, sehingga tidak ada jeda waktu diberhentikan. Dan proses scanner yang dilaksanakan di gedung GOR Sekolah Model Terpadu (SMT) tersebut, dapat disaksikan oleh semua masyarakat melalui internet, sebab ditayangkan live streaming melalui youtube Pemkab Bojonegoro. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: