Intens Kampanyekan Pengelolaan Sampah

Kampanye Pengelolaan Sampah bersama Jamaah Tahlil

BOJONEGORO – Kampanye persampahan adalah salah satu cara efektif untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya melakukan Perilaku Bersih dan Sehat (PHBS).

Sejak awal Januari 2018 lalu, Khozin dan Afru Pradana. selaku pendamping program Aksi Sehat rutin melakukan kampanye di desa-desa yang difasilitasi IDFoS Indonesia tersebut.

Dengan selalu mengkampanyekan pilah sampah dan melakukan penimbangan sampah, harapannya dapat merubah perilaku hidup masyarakat sekitar menjadi lebih bersih dan sehat serta  untuk menjadikan sampah lebih bermanfaat dari sisi ekonomi.

Kemudian, hal lain yang di upayakan setelah berperilaku hidup bersih dan sehat adalah menjadikan lingkungan sekitar rumah menjadi lebih bersih, bebas sampah, asri dan lebih nyaman. Dengan tujuan untuk mengembangkan kawasan bebas sampah.

           Kawasan bebas sampah desa Ngraho

Kampanye dilakukan pada forum jamaah tahlil dan kelompok tani. Empat desa yang menjadi sasaran kampanye tersebut adalah Sudu, Ngraho, Gayam, dan Mojodelik, semuanya masuk wilayah Kecamatan Gayam.

Kerja bakti bersama di Dusun Gledekan desa Mojodelik

Hasil dari kegiatan tersebut adalah masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, serta menyepakati untuk kerja bakti dan penataan kawasan, seperti membuat pagar, taman dan penghijauan.

Program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat (Aksi Sehat) adalah salah satu program yang didampingi IDFoS bekerja sama dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan SKK Migas. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: