Ingin Mpok Damira Sebagai Pusat Organik

Rapat rutin, Pengurus Mpok Damira bersama tim dari IDFoS Indonesia

BOJONEGORO РSelasa (03/07/2018) Pengurus Mpok Damira  (Mualiyah dan Eni Suhartini) melakukan rapat internal. Acara bertempat di markas Mpok Damira, di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Bojonegoro.

Dengan difasilitasi oleh Manager Program (Rizal Zubad) dan pendamping (M. Ainiyah) dari IDFoS Indonesia, rapat membahas evaluasi kelompok. Mulai dari keuangan, pelaksanaan teknis kegiatan dan rencana ke depan dari kelompok olah sampah tersebut.

Tiga tahun berjalan, kini kelompok usaha pengelola sampah Dalem Mandiri Sejahtera atau Mpok Damira telah menjadi lembaga mandiri, dengan omset bulanan mencapai Rp 7.000.000.

Berdasarkan hasil rapat, ke depan pengurus ingin menjadikan Mpok Damira sebagai pusat organik, dengan produk berupa pupuk organik, singkong organik, dan ayam organik.

Mpok Damira adalah sebuah unit pengelolaan sampah di masyarakat, dengan kegiatan yang dilakukan berupa pemilahan sampah rumah tangga serta pengolahan sampah anorganik yaitu plastik cacah.

Dibentuk melalui musyawarah pada Mei 2015 atas kerja sama antara ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan Institute Development of Society (IDFoS) Indonesia. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: