Iktikad Baik Diperlukan dalam Proses Pemeritahan Desa

Diskusi Reboan untuk mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan bersih

BOJONEGORO – Diskusi Reboan yang diselenggarakan IDFoS Indonesia di ruang Bakesbangpolinmas  Bojonegoro dengan tema “Membangun Tata Kelola Pemerintahan Desa yang Baik dan Bersih” berlangsung dengan sukses.

Dalam diskusi, Muhaimin, Kepala Desa Pacul, Kecamatan Bojonegoro, mengungkapkan, salah satu faktor yang mendukung dalam penyelenggaraan pemerintah desa yang baik dan bersih adalah adanya iktikad baik (good will) dari pelaku-pelaku pemerintah desa, khususnya kepala desa.

Disampaikan, apabila kepala desa bersama perangkatnya memiliki jiwa relawan untuk memajukan desa dan memiliki manajemen yang bagus, bisa jadi pelaksanaan pemerintahan desa dapat dipertanggung jawabkan dan tidak ada penyalah gunaan.

Ada tahapan dalam pemaparan dana desa, karena digunakan untuk berbagai bidang. “Melihat asumsi masyarakat tentang dana desa yang begitu besar, harus berhati-hati karena masyarakat saat ini kritis dan berani,” katanya.

Menurut dia, yang terpenting dalam pemerintahan desa adalah niat. Dengan niat yang baik, maka pelaksanaan akan baik. Namun, masih ada regulasi yang harus ditegakkan untuk pemdes yang mungkin tidak memiliki good will atau ingin mencari aset. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: