IDFoS Kembali Jalin Kerja Sama dengan EMCL dalam Program Aksi Sehat

BOJONEGORO – Institute Development of Society (IDFoS) Indonesia kembali bekerja sama dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), operator Blok Cepu bersama Pertamina EP Cepu dan Badan Kerja Sama (BKS) Participating Interest (PI) Blok Cepu atas persetujuan SKK Migas, dalam Program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat (Program Aksi Sehat).

DSC_0035

Kegiatan Pemicuan Untuk Merubah perilaku masyarakat ber PHBS

Program Aksi Sehat fokus pada penekanan dan pengurangan angka kesakitan dengan cara memperbaiki dan memutus alur kontaminasi dengan menghilangkan sumber-sumber penyakit melalui perbaikan akses sanitasi dan perbaikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat.

Manajer Program Aksi Sehat, Eko Tristiyanto mengatakan, program ini akan menyasar ke empat desa di Kecamatan Gayam. Yakni, Ngraho, Sudu, Gayam, dan Mojodelik. Kegiatan Program Aksi Sehat beragam.

Di antaranya adalah melakukan pemicuan masyarakat untuk PHBS, melakukan peningkatan kapasitas masyarakat dalam pengelolaan sampah domestik, dan mengorganisir masyarakat dalam kelompok atau komunitas dalam pengelolaan sampah domestik.

”Serta, menumbuhkan pegiat sanitasi dan PHBS lokal sebagai penggerak gerakan akses sanitasi dan PHBS masyarakat,” kata pria yang disapa Eko ini.

Selain itu, Program Aksi Sehat juga akan menciptakan komunitas-komunitas pegiat sanitasi dan PHBS di empat desa tersebut. Program Aksi Sehat direncanakan berlangsung selama empat bulan, mulai pertengahan September 2015 – pertengahan Januari 2016. (iwd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: