IDFoS Ikuti Rapat Sinkronisasi dan Koordinasi CSR

BOJONEGORO – Institute Development of Society (IDFoS) Indonesia mengikuti rapat sinkronisasi dan koordinasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau CSR (Corporate Social Responsibility) Kabupaten Bojonegoro, Rabu (16/12/2015).

Bertempat di ruang pertemuan Angling Dharmo Pemkab Bojonegoro, IDFoS mewakili organisasi masyarakat sipil di Bojonegoro beserta sembilan OMS lainnya seperti Ademos, BI, dan lainnya.

Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka untuk menjembatani pembentukan forum CSR sesuai dengan yang diamanatkan peratuaran daerah tentang TJSP dengan mengundang stakeholder terkait seperti perusahaan di Bojonegoro, SKPD, dan organisasi masyarakat sipil.

Dalam sambutannya, Bupati Bojonegoro Suyoto mengatakan, pertemuan ini adalah awal untuk melaksanakan amanat yang ada di peraturan daerah tentang TJSP. ”Di perda ada amanat untuk membentuk forum CSR, dan pertemuan ini merupakan awal, jadi setelah ini nanti bisa dirumuskan forum tersebut,” ungkapnya.

Sebelum memberikan sambutan, orang nomor 1 di Bojonegoro tersebut sempat melakukan absensi kepada undangan yang hadir. Hadir dalam undangan tersebut 72 perusahaan di Bojonegoro, baik indrustri migas maupun non migas, 20 satuan kerja perangkat daerah, dan 10 LSM.

Saat dilakukan absensi, ternyata tidak semua perusahaan yang diundang hadir, seperti perwakilan JOB PPEJ tidak hadir dalam pertemuan tersebut.

Pria yang akrab dipanggil Kang Yoto tersebut menjelaskan, dengan adanya pertemuan ini diharapkan akan menciptakan sinergitas dalam pelaksanaan TJSP dengan program pemerintah melalui forum CSR, sebagaimana diamanatkan perda.

“Dengan adanya forum CSR, nantinya usulan-usulan program perusahaan bisa masuk di musrenbang kabupaten, sehingga tidak ada program yang akan tumpang tindih. Selain itu, ke depannya akan ada reward dan punishment bagi perusahaan dalam mengelurakan CSR,” paparnya.

Rapat sinkronisasi dan koordinasi juga menghadirkan dosen Magister Manajemen Universitas Trisakti, Maria R. Nindita Radyati, Ph.D yang memberikan materi tentang konsep CSR yang baik. Juga, strategi CSR yang disampaikan oleh Cahyo dari Pusdakota, Ubaya, Surabaya. (iwd/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: