IDFoS Fasilitasi Pelaksanaan Serah Terima Program Patra Daya 2015/2016

BOJONEGORO – Menjadi salah satu LSM yang mendampingi program Aksi Kemitraan untuk Pemberdayaan Masyarakat atau Patra Daya, IDFoS Indonesia tergabung dalam kepanitiaan penyelenggaraan Serah Terima Program dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) kepada pemerintah desa di wilayah Kabupaten Tuban.

Terima piagam program Patra DayaSerah terima dilaksanakan pada selasa (18/5/2016) di halaman kantor Balai Desa, Sumberagung Kecamatan Plumpang. Acara tersebut mengundang berbagai stakeholder seperti Bupati Tuban, SKPD terkait di Kabupaten Tuban, Camat di wilayah desa program, Polsek, Koramil, Kepala Desa 14 desa dampingan dan Perwakilan TPP desa dampingan. Selain itu acara serah terima juga dihadiri oleh perwakilan public and government EMCL, dan SKK Migas.

Acara yang sempat molor cukup berjalan sukses. Dimulai pukul 10.15, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran. Setelah itu disambung dengan sambutan dari tuan rumah perwakilan Kepala Desa Sumberagung.

Setelah kepala desa, sambutan selanjutnya disampaikan oleh Manager Public and Goverment Affair EMCL Dave A. Seta.

Dalam sambutannya, dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan di wilayah Kabupaten Tuban dan menghimbau agar masyarakat tidak menanam tanaman keras di sepanjang jalur pipa.

“Pipa untuk mengalirkan minyak tersebut ditanam sedalam 60 cm di bawah tanah. Diimbau masyarakat tidak menanam jenis tanaman keras, atau tanaman yang mempunyai akar dalam seperti pohon jati dll di sepanjang jalur pipa tersebut,” harapnya.

Usai sambutan dari EMCL, dilanjutkan sambutan dari perwakilan SKK Migas. Kali ini diwakili oleh Amin Sukirno, dan sambutan terakhir disampaikan oleh Asisten II yang mewakili Bupati Tuban.

Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan peresmian sumber air hasil pembangunan dari program Patra Daya di Desa Sumberagung dengan seremonial pemecahan kendi di atas sumber air tersebut, yang dilakukan oleh perwakilan Bupati Tuban, Heri.

Dilanjutkan dengan serah terima program kepada 14 desa dampingan di wilayah Kabupaten Tuban, yang diberikan kepada masing-masing perwakilan desa.

Dalam penyelenggaraan acara serah terima, IDFoS Indonesia tergabung dalam kepanitiaan bersama dengan LSM Srikandi, Elsal, dan Bappeka. Rencananya, acara serah terima juga akan dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Karena, desa-desa lokasi Program Patra Daya juga berada di wilayah Kabupatan Bojonegoro.

Di wilayah Kabupaten Tuban, IDFoS mendampingi dua desa. Yakni, pembangunan gedung PAUD, pengadaan alat peraga edukasi di Desa Mentoro, Kecamatan Soko, dan pembangunan pos tambat labuh, dan pengadaan tempat sampah di Desa Karangagung, Kecamatan Palang. (iwd)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: