Hangat, Arisan Kobis Part 7

Arisan Kelompok Bisnis IDFoSBOJONEGORO – Suasana kantor IDFoS Indonesia, Jl Sersan Mulyono 35 Bojonegoro, Kamis (2/6/2016) lalu pecah dengan candaan renyah suara perempuan-perempuan paruh baya yang sedang mengikuti diskusi di ruang tengah.

Mereka adalah anggota komunitas bisnis (Kobis) wirausaha binaan IDFoS, yang sedang menggelar arisan rutin bulanan. Kali ini, sesuai gilirannya, IDFoS yang menjadi ruan rumah.

Ada kurang lebih 15 anggota Kobis yang hadir pada acara tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali yang dirangkai dengan pengocokan arisan. Siapa yang keluar namanya, akan menjadi tempat kegiatan bulan selanjutnya.

Sejak pukul 09.15 WIB anggota Kobis yang mengikuti arisan rutin ini mulai berdatangan. Mereka rata-rata ibu rumah tangga yang punya usaha, setelah mengikuti berbagai kegiatan kewirausahaan yang difasilitasi oleh IDFoS Indonesia.

Karena menunggu anggota lainnya yang belum datang, acara dimulai kurang lebih pukul 10.07 WIB. Acara dibuka oleh sambutan dari Ketua Divisi Pembedayaan Perempuan IDFoS, sekaligus manajer Program Gerakan Wirausaha Sukses Berdikari, Laily Mubarokah.

Dalam sambutannya, perempuan yang akrab dipanggil Laily tersebut mengungkapkan apresiasinya kepada anggota Kobis yang hadir pada acara pagi itu.

“Sangat luar biasa sekali, teman-teman terus konsisten untuk terus datang di acara bulanan kita, yang rela datang jauh-jauh untuk mengikuti acara ini,” katanya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan diskusi pembahasan dan asistensi pembuatan business plan atau rencana bisnis. Masing-masing anggota yang hadir diberi angket isian terkait aspek- aspek yang ada dalam dokumen rencana bisnis.

Dengan dibantu oleh tim kewirausahaan IDFoS, masing-masing anggota diminta mengisi form isian tersebut sesuai dengan usaha yang mereka jalankan.

Beberapa orang tampak kesulitan mengisi form rencana bisnis tersebut. beberapa dari mereka bertanya kepada tim pendamping. Atau bertanya kepada peserta lain terkait dengan perencanaan bisnisnya.

Acara arisan rutin ini berawal dari kegiatan seminar kewirausahaan yang dilanjutkan dengan pelatihan memulai bisnis. Alumni kegiatan itu kemudian mewadahi diri dalam komunitas bisnis dan berkomitmen untuk menggelar arisan rutin.

Arisan ini sebagai media untuk terus menjalin komunikasi, tukar pengalaman, dan sharing terkait dunia bisnis. Arisan yang dilaksanakan di IDFoS ini merupakan kali yang ke -7. (iwd/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: