FGD Pembentukan KRT PISAH Gayam

Penguatan (Kelompok Rumah Tangga Pilah Sampah) KRT PISAH Desa Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.

 

BOJONEGORO – Program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat (Aksi Sehat) di Desa Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, oleh Institute Development of Society (IDFoS) Indonesia, memasuki tahap Focus Group Discussion (FGD) penguatan (Kelompok Rumah Tangga Pilah Sampah) KRT PISAH. Kegiatan dilaksanakan pada Jumat (13/01/2017) lalu.

Diskusi dilaksanakan di kediaman Puji Utami, bendahara KRT Pisah. Diskusi  tersebut membahas beberapa hal. Di antaranya, kepengurusan KRT PISAH, sistem pengepulan sampah, agenda sosialisasi Program Aksi Sehat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk penguatan pengurus KRT PISAH.

Warga setempat menyambut baik program Aksi Sehat. Diskusi dihadiri oleh pendamping program Aksi Sehat dan enam orang pengurus KRT Pisah. Di antaranya dari Dusun Sumurpandan, Sumurpandan Dukuan dan Dambung.

Di Desa Gayam sebelumnya sudah terbentuk dua KRT PISAH. Namun, karena wilayahnya dirasa cukup luas, disepakati adanya pemekaran kelompok.

Mekanisme pengelolaan sampah dari rumah tangga pilah sampah ini adalah, untuk sampah jenis organik bisa dimanfaatkan sebagai pupuk cair dan padat. Kemudian untuk sampah non organik seperti plastik dan kertas yang masih layak bisa dijual untuk tambahan penghasilan.

Hasil dari FGD adalah terbentuknya tiga (Kelompok Rumah Tangga Pilah Sampah) KRT PISAH. Selanjutnya dari kelompok tersebut diharapkan dapat menjadi bank sampah. Sehingga, warga bisa menabung sampah dan hasil sampahnya bisa ditukar dengan sembako.

Program Aksi Sehat merupakan program kerja sama Institute Development of Society  (IDFoS) Indonesia dengan ExxonMobil Cepu Limited, Pertamina EP Cepu, Badan Kerja Sama PI Blok Cepu atas persetujuan SKK Migas dalam upaya mengajak masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, terutama dalam pengelolaan sampah. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: