Diskusi Reboan Bahas Partisipasi Multipihak

BOJONEGORO – Melalui Divisi Advokasi dan Lingkungan Hidup, IDFoS Indonesia mengagendakan kegiatan regular Diskusi Reboan untuk membahas Partisipasi Multipihak untuk mendorong terwujudnya percepatan perbaikan pelayanan publik di Bojonegoro.

Sesuai dengan temanya, diskusi akan mengundang beberapa institusi dari multistakeholder. Seperti, dari legislatif (DPRD), eksekutif dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Akademisi, dan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) serta organisasi masyarakat di Bojonegoro.

Koordiator Divisi Advokasi dan Lingkungan Hidup, Ainun Naim MR menjelaskan, tujuan dilakukannya diskusi tersebut adalah untuk memberikan pemahaman kepada peserta terkait pentingnya partisipasi multipihak dalam proses pembangunan.

Sekaligus, untuk mengajak Multi pihak (SKPD, Perguruan Tinggi, dan OMS) untuk bekerja sama meningkatkan tingkat transparansi, partisipasi, komitmen kerjasama, dan evaluasi dalam peningkatan pelayanan publik.

Menurut dia, keterlibatan berbagai pihak, dalam hal ini adalah masyarakat luas, merupakan salah satu kunci penting dalam keberhasilan pembangunan.

”Dengan keterlibatan masyarakat dalam proses pembangunan, maka pemerintah tidak lagi menerapkan sistem pembangunan yang Top Down namun akan menerapkan sistem Bottom Up dimana usulan yang berasal dari masyarakat akan menjadi masukan penting dalam upaya pembangunan daerah,” katanya.

Ditambahkan, proses partisipasi multipihak akan didorong dalam melakukan percepatan perbaikan layanan publik di Bojonegoro yang tergabung dalam Open Government Partnership. Sehingga, salah satu output yang diharapkan dari diskusi nanti akan memunculkan berbagai masukan dalam penerapan partisipasi multipihak. (iwd/yok)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: