Dinkes-IDFoS Kerja Sama Peningkatan Pelayanan Bidang Kesehatan

Diskusi terbatas Dinkes dan IDFoS Indonesia membahas kontrak kerja sama

Diskusi terbatas Dinkes dan IDFoS Indonesia membahas kontrak kerja sama (MoU)

 

BOJONEGORO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro kembali bekerja sama dengan Institute Development of Society (IDFoS) Indonesia dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan, khususnya pelayanan dasar.

Kerja sama ini untuk mendukung rencana aksi daerah sebagai strategi pelaksanaan Open Government Partnership (OGP) atau komitmen pemerintah untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang terbuka bersama dengan 15 kota besar di dunia.

Untuk memantapkan kerja sama, Dinkes dan IDFoS Indonesia menggelar diskusi terbatas untuk membahas bersama kontrak kerja sama atau Memorandum of Undestanding (MoU). Agenda tersebut dilaksanakan di ruang pertemuan Dinkes Bojonegoro, Jl. Panglima Sudirman, 1 November 2016.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinkes Syaiful Huda. Sementara dari IDFoS dihadiri langsung oleh Direktur IDFoS Indonesia, Joko Hadi Purnomo. Dari pertemuan tersebut disepakati kerja sama kedua belah pihak yang dituangkan dalam MoU. Yakni, peningkatan kualitas pelayanan dasar berbasis Maklumat Bersama.

Menurut rencana, pelaksanaan Maklumat Bersama akan menyasar di dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Pus­­­­kesmas) di dua kecamatan di Bojonegoro.

Menurut Sekretaris Dinkes, Syaiful Huda, kerja sama tersebut diperlukan sinergi antara dua pihak, yakni Dinkes sebagai wakil dari pemerintah dan IDFoS yang mewakili organisasi masyarakat atau Civil Society Organization (CSO).

”Melalui kerja sama ini, diharapkan akan mendorong terwujudnya pelayanan publik yang baik di bidang kesehatan, yang merupakan salah satu indikator Open Government Partnership,” katanya.

Di akhir diskusi, Joko Hadi Purnomo menambahkan rencana tindak lanjut yang perlu dilakukan. Pertama, IDFoS akan memaparkan tentang Maklumat Pelayanan yang akan dilakukan di puskesmas sasaran. Dan kedua, pihaknya berharap dibentuk pertemuan rutin untuk membahas progress dari pelaksanaan Maklumat Pelayanan yang akan dilaksanakan secara bersama.

Dari diskusi yang berjalan, masing-masing pihak menyepakati isi dari nota kesepaham yang telah dibuat untuk kegiatan turunan. Seperti, implementasi Maklumat Pelayanan secara spesifik akan diturunkan menjadi perjanjian kerja sama. (yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: