Dilatih Penyusunan Rencana Usaha BUMDesa

Penyampaian Materi Pelatihan tentang manajemen SDM oleh Rizal Zubad.

 

BOJONEGORO – Setelah dilaksanakan pelatihan tentang budidaya ayam petelur pada minggu lalu, pada hari Rabu (28/02/2018) dilaksanakan lagi pelatihan BUMDesa dengan tema yang berbeda, yaitu Pelatihan tentang Penyusunan Rencana Usaha BUMDesa.

 Pelatihan tersebut merupakan salah satu tahapan dari Program pengembangan BUMDesa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro untuk meningkatkan kapasitas pengurus BUMDesa atau capacity building dengan difasilitasi oleh IDFoS Indonesia.

Pelatihan rencana usaha ayam petelur menjadi langkah awal untuk melakukan sebuah usaha. Dengan adanya perencanaan yang terukur akan membantu anggota BUMDesa dalam melihat prospek bisnis yang dijalankan khususnya usaha ayam petelur.

Pelatihan yang dilakukan adalah Pelatihan Penyusunan Rencana Usaha BUMDesa. Kegiatan yang berlangsung di Balaidesa Bandungrejo ini diikuti oleh seluruh anggota BUMDesa (7 orang) dan juga dihadiri oleh perwakilan dari Pertamina EP Cepu, Edi Arto.

Ada tiga materi yang diberikan, yaitu Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang disampaikan oleh Rizal Zubad, Manajemen Pemasaran (Marketing) oleh Afru Pradana, dan materi yang terakhir terkait Rencana Keuangan oleh Joko Hadi P.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota BUMDesa dalam menyusun rencana usaha dan juga melakukan analisa kelayakan usaha.

Harapannya dengan adanya pelatihan tersebut, peserta (anggota BUMDesa Bandungrejo) mampu mengimplementasikan teori yang disampaikan dengan membuat dokumen bussiness plan (rencana usaha) dan analisa kelayakan usaha.

Pelatihan tersebut merupakan rangkaian dari Program Peningkatan Mata Pencaharian Masyarakat Berbasis Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Melalui Optimalisasi Peran Bisnis BUMDesa yang difasilitasi oleh IDFoS Indonesia serta didukung penuh oleh Pertamina EP Cepu. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: