Didampingi IDFoS, BUMDes Belun Susun Business Plan

Penyusunan rencana usaha atau business plan yang difasilitasi IDFoS Indonesia

 

BOJONEGORO – BUMDes Belun, Kecamatan Temayang melakukan penyusunan rencana usaha atau business plan yang difasilitasi IDFoS Indonesia pada Jum’at (23/01/2017).

Kegiatan dilaksanakan di halaman balai desa setempat. Rencana usaha yang disusun adalah usaha pada unit peternakan yaitu penggemukan sapi.

Penyusunan rencana usaha dilakukan bersama-sama dengan pengurus BUMDes dan unit peternakan. Acara yang dikemas dalam rembug desa mulai pukul 14.00 WIB tersebut berjalan dalam suasana santai.

BUMDesa Karya Mandiri Belun membentuk empat unit usaha, yakni bidang pertanian, jasa, perikanan, dan peternakan. Sambil menunggu hasil dari perkebunan klengkeng, tahun 2017 ini BUMDes Belun membuat usaha penggemukan sapi, dimana anggaran dana berasal dari APBDES yang telah diberikan untuk pengelolaan kebun klengkeng dan penggemukan sapi.

Diskusi dipandu oleh Manajer Program Pengembangan BUMDes Laily Mubarokah. Dalam memfasilitasi penyusunan rencana usaha penggemukan sapi tersebut ada empat aspek yang dibahas. Yakni, aspek manajemen organisasi, aspek pemasaran, aspek produk dan produksi, serta aspek keuangan.

Hasil dari diskusi adalah adanya dokumen rencana usaha yang menjelaskan secara rinci usaha yang akan dijalankan. Dokumen berisi tujuan, organisasi, produk dan produksi, sasaran pasar, dan proyeksi keuangan. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: