Desa Ngujung Launching SID Tingkat Desa

BOJONEGORO – Pemdes Ngujung, Kecamatan Temayang, dengan didampingi oleh LSM Mitra ExxonMobil Cepu Ltd (EMCL) melaunching sistem informasi desa (SID) tingkat desa, pada Kamis (3/3/2016).

Launching SID merupakan salah satu kegiatan dalam Program Pengembangan SID Berbasis Kolaborasi Multipihak yang didukung oleh operator Blok Cepu, EMCL, dan difasilitasi oleh INSIST Yogyakarta.

Program pengembangan SID mulai berjalan sejak empat bulan lalu. Peresmian SID tingkat desa ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Desa Ngujung, Eko Puryanto.

Dimulai pada pukul 14.00 WIB, launching SID tingkat desa dihadiri oleh masyarakat Desa Ngujung dari berbagai unsur. Seperti, ketua RT, RW, ketua BPD, tokoh masyarakat, LPMD, tokoh pemuda, dan perwakilan perempuan.

Selain masyarakat Ngujung, peresmian SID juga dihadiri oleh Camat Temayang, perwakilan pejabat Bappeda yang tinggal di Desa Ngujung. Serta, beberapa kepala desa tetangga, seperti Kades Belun dan Pancur.

Acara dimulai dengan sambutan Kades Ngujung, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng secara simbolis yang diberikan kepada Camat Temayang, Muhlasin. Setalah pemotongan tumpeng dilanjutkan dengan presentasi SID Ngujung yang disampaikan oleh Tim Desa.

Dalam paparan itu, dijelaskan secara visual tahapan-tahapan apa saja yang dilalui dalam penyusunan SID. Mulai pembentukan Tim Desa, pemasangan kode ID ke rumah-rumah warga, wawancara, hingga launching sore itu.

Setelah presentasi, tahapan kegiatan dilanjutkan dengan presentasi menggunakan software SID berbasis geospasial yang disampaikan oleh Kaur Kesra Ngujung. Dalam presentasi Software SID, ditunjukan petak-petak rumah warga beserta foto hingga luas tanahnya.

Warga tampak antusias mengikuti presentasi SID. Ini terlihat dari banyaknya warga yang bertanya saat tanya jawab. (iwd/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: