Deklarasi Santri Peduli Lingkungan dan Serah Terima Fasilitas Aksi Sehat

Suasana Pembacaan ikrar deklarasi santri peduli lingkungan program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat (Aksi Sehat)

 

BOJONEGORO – Pondok Pesantren Al Rosyid, Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Bojonegoro menggelar Deklarasi Santri Peduli Lingkungan dan Serah Terima fasilitas pengelolaan sampah pada program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat (Aksi Sehat) di lingkungan sekolah dan difasilitasi oleh IDFoS Indonesia.

Acara dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Rosyid pada Kamis (09/03/2017) mulai pukul 09.00 WIB. Acara dihadiri oleh perwakilan dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Perwakilan Bank Syariat Mandiri Bojonegoro, pendamping program Aksi Sehat IDFoS Indonesia, staf dan pengajar di pondok pesantren Al Rosyid dan seluruh siswa siswi dan santri pondok pesantren Al Rosyid.

Dalam kegiatan ini, ada dua acara yang dilangsungkan bersamaan, yakni pelantikan pengurus OSIS 2017/2018 dan Deklarasi Santri Peduli Lingkungan,  pengurus TPS (tempat pengolahan sampah), serta serah terima bantuan fasilitas pengelolaan sampah.

Deklarasi diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al Rosyid, KH. Alamul Huda. Di sela sambutannya, Gus Huda, sapaan akrabnya, mengatakan, sampah bukan masalah dan akan dihadapi demi kebersihan lingkungan.

“Selama ini banyak pemikiran bahwa, santri kurang menjaga kebersihan. Kali ini kita akan membuktikan bahwa santri bisa bersih,” tuturnya.

Sambutan kedua dari Comunity Relation Coordinator EMCL, Muhammad Ihwan. Dia menyampaikan, sekecil apapun yang diperbuat pihaknya, diharapkan bisa memberi kontribusi kepada lingkungan dan bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin.

Usai sambutan, acara diteruskan dengan pembacaan ikrar deklarasi yang dipimpin oleh Ustadz Anggita, selaku pembina Kader Peduli Lingkungan dan diikuti oleh seluruh santri peduli lingkungan, yang sudah dibentuk pada beberapa waktu lalu. Deklarasi ini merupakan  lanjutan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya, yaitu FGD dan Kampanye PHBS.

Setelah pembacaan ikrar, acara dilanjutkan dengan serah terima fasilitas pengelolaan sampah berupa kendaraan roda tiga, mesin pencacah, sarana pilah sampah (bak sampah) dan komposter dari pihak EMCL kepada Ponpes Al Rosyid. Dilanjutkan dengan pentas seni dari siswasiswi pondok tersebut.

Program Aksi Sehat merupakan upaya mengajak masyarakat dan lingkungan untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, terutama dalam pengelolaan sampah. (ika/yok)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: