Dari Teknik hingga Manajemen Agribisnis

Foto bersama Peserta Studi Banding dan panitia Training Centre Brebes

BOJONEGORO – Kelompok tani dan tim produksi olahan bawang merah Desa Bulu, Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro yang tergabung dalam anggota Koperasi Mekarsari Makmur Sejahtera beberapa belum lama ini, tepatnya pada 17-20 Desember 2018, mengikuti Studi Banding Klaster bawang merah yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia.

Studi banding bertempat di Training Centre Kelompok Tani Mekar Jaya Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.  Training Center Kelompok Tani Mekar Jaya ini merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan yang khusus konsentrasinya di bidang pengembangan budi-daya bawang merah.

Studi banding yang berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti oleh 21 peserta yang terdiri dari berbagai unsur. Yakni, dari petani bawang merah, tim produksi olahan bawang merah, perwakilan Dinas Peternakan Kab. Bojonegoro, PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Kec. Balen, perwakilan Bank Indonesia, tim pendamping dari IDFoS Indonesia.

Banyak hal yang dipelajari pada hari pertama Selasa (17/12/2018), mulai dari belajar tata cara pengendalian komoditas bawang merah; teknik dan manajemen agribisnis bawang merah.

Kemudian pengendalian organisme pengganggu tanaman bawang merah dan penanganan pasca panen bawang merah. Keempat materi tersebut disampaikan oleh Mudatsir selaku pengajar di Training Centre.

Selanjutnya materi terakhir dihari pertama yaitu tentang solusi hama dan penyakit yang disampaikan oleh Ratono dari  PT Deltagro selaku mitra kelompok tani Mekar Jaya.

Dari materi-materi yang disampaikan tersebut harapannya bisa memberikan ilmu dan pandangan bagi para petani dari Koperasi Mekarsari Makmur Sejahtera terkait budidaya bawang merah.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Program Klaster Bawang Merah di Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro. Kerjasama antara  IDFoS (Institute Development of Society) Indonesia dengan Bank Indonesia (BI) dalam upaya untuk  menekan laju inflasi. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: