BUMDes Makmur Rejo Gelar Laporan Kinerja

Pemaparan laporan kinerja oleh Ketua BUMDes Makmur Rejo

BOJONEGORO – Difasilitasi oleh IDFoS Indonesia, Rabu (04/07/2018) BUMDes Makmur Rejo Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, melakukan Musyawarah Desa di balai desa setempat, terkait budidaya ayam petelur bantuan dari Pertamina EP Cepu.

Musdes  yang bertema “Pelaporan Kinerja BUMDes Makmur Rejo” tersebut diikuti 24 peserta dari berbagai unsur. Seperti Perangkat Desa, BPD, anggota BUMDes dan tokoh masyarakat.

Selain masyarakat, musdes juga dihadiri Kepala Desa (Kades) Bandungrejo, Perwakilan Pertamina EP Cepu serta tim dari IDFoS Indonesia.

Dimulai pukul 10.00 WIB, acara dibuka dengan sambutan-sambutan. Lalu, dilanjutkan dengan penyampaian laporan oleh Ketua BUMDes Makmur Rejo, Nyamirin.

Paparan berisikan tentang dasar hukum BUMDes, asset BUMDes, susunan kepengurusan BUMDes, biaya pengadaan usaha budidaya ayam petelur dan jumlah produksi hasil telur di bulan pertama (bulan Juni).

Biaya pengadaan bantuan dari Pertamina EP Cepu Rp 296.106.428 ditambah bantuan dari Pemdes Rp 20.000.000, sehingga jumlahnya Rp 316.106.428. ”Dana tersebut digunakan untuk instalasi kandang dan operasional produksi,” jelas Nyamirin.

Dalam hal ini, IDFoS Indonesia memfasilitasi BUMDes selama 6 bulan dan untuk budidaya ayam petelur telah berjalan satu bulan dari tanggal 05 Juni lalu hingga saat ini  sudah berproduksi 45 kilogram (kg) telur dari jumlah 1.500 ayam petelur.

Dengan rincian, kandang 1 sebanyak 2.396 butir telur dari 672 ekor ayam petelur. Sedangkan kandang 2 sebanyak 2.781 butir telur dari 829 ekor ayam petelur. Dari jumlah 1.500 ayam saat ini tersisa 1.485 ekor ayam dikarenakan 15 ekor ayam mati akibat terkena penyakit.

Usai pemaparan laporan dilanjutkan dengan tanya jawab. Kemudian diakhiri dengan serah terima 1.500 ekor ayam dan rumah kandang secara simbolis oleh pihak PEPC kepada BUMDes Makmur Rejo

BUMDes berharap, usaha budidaya ayam petelur dapat berjalan lancar serta dapat memberi manfaat bagi pengurus serta masyarakat desa Bandungrejo. Selain itu, BUMDes juga berharap adanya keberlanjutan pemberian hibah dari Pertamina EP Cepu (PEPC) berupa penambahan jumlah ayam petelur dan pemberian alat transportasi untuk akomodasi BUMDes Makmur Rejo.

Program Peningkatan Mata Pencaharian Masyarakat Berbasis Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Melalui Optimalisasi Peran Bisnis BUMDesa merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina EP Cepu  dan difasilitasi Institute Decvelopment of Society (IDFoS) Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan ekonomi masyarakat desa Bandungrejo. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: