BUMDes Ikuti Pelatihan Manajemen Pemasaran

Pelatihan Manajemen dan Pemasaran oleh Suparto

BOJONEGORO – Pengelolaan manajemen budidaya sebelum menjalankan suatu usaha sangatlah penting demi keberlanjutan suatu usaha yang baik. Sabtu (12/05/2018), dengan difasilitasi oleh IDFoS Indonesia, BUMDes Makmur Rejo Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem mengikuti pelatihan di Hotel Bonero Desa Leran, Kecamatan Kalitidu.

Pelatihan ini merupakan pelatihan terakhir yang diikuti pihak BUMDes, yang mana kegiatan tersebut sudah berlangsung selama 2 hari (10 dan 11 Mei). Dalam pertemuan ketiga tersebut menghadirkan narasumber yang ahli di bidang usaha ayam petelur, Suparto. Materi yang disampaikan yaitu tentang Manajemen Usaha  dan Strategi pemasaran.

Manajemen budidaya tersebut mulai dari pembangunan kandang yang tepat, pemilihan bibit, cara memberi makan dan minum, cara penanganan penyakit, cara pemberian vaksin, cara merawat kandang.

Selanjutnya adalah cara pengambilan telur, cara pemilihan telur atau sortir, cara penanganan ayam yang mati, Jam kerja anak kandang. Kemudian materi kedua yaitu tentang Strategi pemasaran dan penjualan.

Tujuan pelatihan adalah untuk untuk meningkatkan kemampuan kepengurusan BUMDes Makmur Rejo terkait prosedur budidaya dan  strategi pemasaran.

Dengan adanya pelatihan tersebut adalah diharapkan BUMDes Makmur Rejo memiliki dokumen SOP budidaya usaha ayam petelur dan memiliki dokumen rencana strategis pemasaran usaha tersebut.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Program Peningkatan Mata Pencaharian Masyarakat Berbasis Pertanian, Perikanan dan Peternakan Melalui Optimalisasi Bisnis Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) merupakan program kerjasama IDFoS Indonesia dengan Pertamina EP Cepu. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: