Berlanjut, Program Optimalisasi BUMDesa Bandungrejo

 

BOJONEGORO – Komitmen Pertamina EP Cepu dalam memberdayakan dan memandirikan ekonomi masyarakat Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem masih terus berlanjut. Hal tersebut ditandai dengan diselenggarakannya Rembug Warga Sosialisasi terkait Program Pengembangan Unit Bisnis Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) tahun 2018.

Rembug warga sosialisasi tersebut dilaksanakan pada Senin (16/12/2018) di balai Desa Bandungrejo Kecamatan Ngasem. Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Bandungrejo, Perwakilan dari Pertamina EP Cepu (PEPC), IDFoS Indonesia, dan diikuti BUMDesa, BPD dan juga Masyarakat Desa Bandungrejo sejumlah 38 orang.

Program ini merupakan lanjutan dari program program Peningkatan Mata Pencaharian Masyarakat Berbasis Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Melalui Optimalisasi Peran Bisnis BUMDesa yang dilakukan beberapa bulan yang lalu.

Yang mana mulai dari awal hingga hari ini, usaha ayam petelur BUMDesa Bandungrejo tersebut sudah bertelur mencapai 45 kg.

Acara diawali dengan sambutan dari PEPC, disusul sambutan dari Kades Bandungrejo, kemudian sambutan dari Direktur IDFoS Indonesia. Usai sambutan, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab terkait program tersebut.

Hasil dari rembug warga tersebut antaralain adanya penambahan 2.500 ekor ayam dan sarana prasarana. Kemudian disepakati untuk pelaporan hasil operasional ayam petelur dilakukan 6 bulan sekali dan pembagian hasil 1 tahun sekali dan untuk penanggulangan bau dan lalat akan dikomunikasikan dengan pihak dinas peternakan.

Program pengembangan BUMDesa ini merupakan program yang difasilitasi oleh Institute Development of Society (IDFoS) Indonesia dan didukung oleh Pertamina EP Cepu (PEPC) yang akan diterapkan di Desa Ngasem dan Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: