Belajar Bisnis melalui Program Wirausaha Sukses Berdikari

BOJONEGORO – Program Gerakan Wirausaha Sukses Berdikari merupakan salah satu program yang didampingi Institute Development of Society (IDFoS) Indonesia, yang berfokus pada peningkatan ekonomi masyarakat dengan melahirkan pengusaha-pengusaha baru. Dengan sasaran, daerah lokasi operasi minyak dan gas bumi, khususnya desa-desa di wilayah Kecamatan Gayam.

Program ini digulirkan, karena selama ini animo masyarakat untuk berwirausaha masih tergolong rendah. Kebanyakan warga masih mengharapkan bisa berkerja di proyek ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), operator Blok Cepu. ”Padahal, proyek tersebut pasti ada habisnya,” kata Manajer Program Gerakan Wirausaha Sukses Berdikari, Laily Mubarokah.

Program Gerakan Wirausaha Sukses Berdikari yang dilakukan oleh EMCL bekerja sama dengan IDFoS Indonesia, merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan tersebut kepada masyarakat. ”Dan diharapkan, program ini dapat menumbuhkan pengusaha-pengusaha baru,” kata Laily.

Dalam program tersebut, ada beberapa kegiatan yang akan menunjang pengetahuan masyarakat dalam berwirausaha. Salah satunya adalah seminar kewirausahaan. Seminar ini menghadirkan sejumlah motivator nasional dan pengusaha sukses asli Bojonegoro.

”Seluruh rangkaian seminar kewirausahaan, I hingga V, telah dilaksanakan dalam tiga bulan terakhir (Agustus-Oktober). Seminar terakhir dilakukan pada Sabtu (30/10/2015),” ujar Laily.

Selain seminar, dalam Program Gerakan Wirausaha Sukses Berdikari ini juga terdapat pelatihan dan pendampingan kepada calon wirausaha. Mekanismenya, peserta yang telah mengikuti seminar kewirausahaan akan dipilih beberapa orang yang mempunyai niat dan motivasi tinggi untuk berwirausaha.

Nantinya, nama-nama yang terpilih akan dilatih untuk memulai usaha atau pelatihan start up bussines. Mulai dari memilih usaha yang inovatif hingga cara pemasarannya. ”Rencananya, pelatihan tersebut dimulai pada pertengahan November. Tidak semua peserta seminar kewirausahaan akan diberi pelatihan ini, tapi akan dipilih beberapa saja,” terangnya.

Program Gerakan Wirausaha Sukses Berdikari adalah salah satu program yang didampingi oleh IDFoS Indonesia, bekerja sama dengan EMCL, mitra Blok Cepu Pertamina EP Cepu dan Badan Kerjasama (BKS) Participating Interest (PI) Blok Cepu, atas persetujuan SKK Migas. (iwd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: