Bank Indonesia-IDFoS Kembangkan Kluster Bawang Merah

Bank Indonesia difasilitasi IDFoS melaksanakan demofarm kluster bawang merah di Dusun Ngantulan, Desa Bulu, Kecamatan Balen

BOJONEGORO – IDFoS Indonesia kembali mendapat kepercayaan dari Bank Indonesia (BI) untuk melaksanakan program pengembangan klaster bawang merah di Kabupaten Bojonegoro. Kali ini dilakukan di Dusun Ngantulan, Desa Bulu, Kecamatan Balen, dengan luas area sekitar 0,25 hektare (Ha).

Penerapan uji coba Demofarm (demonstrasi farming) bawang merah adalah metode percontohan yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia kepada kelompok tani Dusun Ngantulan. Pada pelaksanaan program ini, BI menggandeng kelompok tani Mekar Sari sebagai mitra binaan.

Saat ini bawang merah sudah memasuki usia 39 HST (hari setelah tanam). Kemudian untuk lahan kedua, usia tanaman baru 15 HST. Pengembangan klaster bertujuan untuk meningkatkan produktifitas bawang merah yang bermutu serta berbasis norma budidaya yang baik dan benar.

Selain pengembangan klaster, rencananya akan dilakukan pengolahan bawang merah pasca panen. Pengolahan produk tersebut berupa bawang goring yang nantinya akan dikemas untuk dijual dipasaran.

Pemdes Bulu sangat mendukung rencana tersebut, dan juga siap untuk menyiapkan lahan yang akan dijadikan sebagai gudang pengolahan bawang merah.

Program pengembangan klaster bawang merah merupakan program  kerja sama Bank Indonesia dengan pemerintah Kabupaten Bojonegoro yang didampingi oleh Institute Development of Society (IDFoS) Indonesia dalam dalam upaya menjaga kestabilan harga bahan pangan. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: