Awarding Lomba Kawasan Bebas Sampah

Penerima Penghargaan Rumah Sehat Terbaik

BOJONEGORO – Lomba Kawasan Bebas Sampah yang diselenggarakan oleh manajemen program Aksi Sehat Divisi Ekonomi Kerakyatan (Rizal Zubad) menggelar acara puncak. Ini sebagai apresiasi dari hasil karya masyarakat lokasi terbentuknya kawasan. Yakni, Penghargaan Pelopor Kawasan Bebas Sampah.

Penghargaan (awarding) tersebut dirangkai dalam sebuah kegiatan yaitu Bazar Takjil Ramah Lingkungan, sekaligus memperingati hari lingkungan hidup sedunia. Acara  dilaksanakan pada Selasa (05/06/2018) di Kawasan Bebas Sampah Dusun Kembangan, Desa Sudu, Kecamatan Gayam, Bojonegoro.

Acara dimulai pukul 15.30 WIB. Namun sejak pukul 15.00 kawasan bebas sampah desa Sudu sudah dipadati oleh ibu-ibu, bapak-bapak  serta anak-anak dari kawasan bebas sampah Desa Mojodelik, Ngraho dan Sudu.

Mereka antusias menunggu pembacaan juara terbaik dalam perlombaan sambil mengunjungi stand takjil yang disediakan oleh warga kawasan desa Sudu.

Dalam acara tersebut diumumkan nama-nama kontestan, baik perorangan (rumah), kawasan maupun kelompok koperasi sampah dari tiga desa yang menjadi juara atau terbaik dalam ajang tersebut.

Adapun kategori penghargaan meliputi kawasan Terbersih, kawasan Terbaik, Rumah Sehat Terbaik, Kawasan bebas sampah terbaik, juara umum terbaik dan penghargaan untuk local champion (pegiat lingkungan terbaik) yang telah berkontribusi besar dalam mewujudkan kawasan bebas sampah.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, pemerintah desa dari tiga desa (Mojodelik, Ngraho, Sudu), Pemerintah kecamatan Gayam, Tim penilai lomba kawasan, Dinas Lingkungan Hidup, Perwakilan dari puskesmas Gayam, Polsek Gayam, EMCL dan IDFoS Indonesia.

Dengan penghargaan yang diterima, harapannya dapat memberikan motivasi kepada masyarakat dalam menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Dalam lomba tersebut Desa Sudu menyabet juara umum.

Program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat (AKSI SEHAT) merupakan program yang didampingi IDFoS (Institute Development of Society) Indonesia bekerja sama dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan  SKK Migas. (ika/yok)

 

 

 

Kategori dan Peraih Penghargaan Lomba Kawasan Bebas Sampah

Program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat 2017

Kategori Penghargaan Peringkat Penerima Penghargaan
Kawasan Terbersih Terbaik 1 Kawasan Bebas Sampah Dsn Kembangan Ds Sudu
Terbaik 2 Kawasan Bebas Sampah Dsn Ngraho Ds Ngraho
Terbaik 3 Kawasan Bebas Sampah Dsn Gledekan Ds Mojodelik
Kelompok Terbaik Terbaik 1 Kembangan Koperasi Sampah Mandiri (Sudu)
Terbaik 2 Koperasi Sampah Bersih Jaya (Mojodelik)
Terbaik 3 Koperasi Sampah Ngraho
Rumah Sehat Terbaik Desa Sudu Rumah Nomor 12 Sudu
Desa Sudu Rumah Nomor 01 Sudu
Desa Ngraho Rumah Nomor 21 Ngraho
Desa Ngraho Rumah Nomor 27 Ngraho
Desa Mojodelik Rumah Nomor 33 Mojodelik
Desa Mojodelik Rumah Nomor 44 Mojodelik
Local Champion (pegiat lingkungan terbaik) Desa Sudu Desa Sudu
Desa Mojodelik Desa Mojodelik
Desa Ngraho Desa Ngraho
Kawasan Bebas Sampah Terbaik Terbaik 1 Kawasan Bebas Sampah Dsn Kembangan Ds Sudu
Terbaik 2 Kawasan Bebas Sampah Dsn Gledekan Ds Mojodelik
Terbaik 3 Kawasan Bebas Sampah Dsn Ngraho Ds Ngraho
Juara Umum Terbaik Desa Sudu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: