Asistensi Penyusunan SOP Keuangan BUMDesa

BOJONEGORO – Rabu, (25/04/2018) pukul 12.30 WIB tim IDFoS Indonesia Laily (Koordinator Program), Ida dan Puput (pendamping lapangan), Aida (Staff Keuangan) melakukan asistensi penyusunan SOP Keuangan BUMDesa Makmur Rejo. Agenda tersebut dihadiri setengah dari pengurus BUMDesa Makmur Rejo yaitu Nyamirin, Ika, dan Tutik.

Selain menyusun SOP Keuangan, BUMDesa Makmur Rejo juga membuat sistem terkait pengajuan dana dan penanggung jawaban dana. Dengan sistem ini diharapkan proses di BUMDesa ini bisa transparan dan akuntabel.

Dengan adanya sistem ini membuat pengurus BUM Desa lebih paham letak peran serta tugas masing-masing pengurus. Selain itu saat program berakhir pun BUMDesa mampu untuk berjalan secara mandiri.

Asistensi dilanjutkan kembali pada Jum’at (27/04/2018), dihadiri seluruh pengurus BUMDesa. Dalam pertemuan kedua juga dilakukan pendampingan terkait laporan keuangan pembuatan kandang ayam petelur.

Dalam rangka menindaklanjuti sistem yang telah dibuat oleh BUMDesa, dalam pertemuan tersebut, penanggung jawab kebutuhan kandang ayam petelur membuat daftar ajuan terkait kebutuhan tersebut.  Antara lain membuat surat permohonan pengajuan dana kebutuhan kandang ayam petelur melalui sekretaris BUM Desa Makmur Rejo.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Program Peningkatan Mata Pencaharian Masyarakat Berbasis Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Melalui Optimalisasi Peran Bisnis BUMDesa yang difasilitasi Institute Decvelopment of Society (IDFoS) Indonesia serta didukung penuh Pertamina EP Cepu. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: