Ajak Warga Ubah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

BOJONEGORO – Serangkaian kegiatan dan Lomba Aksi Sehat diharapkan mampu mengubah perilaku hidup sehat warga. Demikian harapan Ketua KRT Pisah Desa Ngraho Sarti kepada Rika Wulandari, pendamping masyarakat Program Aksi Sehat, di sela penilaian Lomba Aksi Sehat pada Selasa (8/3/2016) di Desa Ngraho, Kecamatan Gayam.

Lomba Aksi Sehat dibagi menjadi beberapa kategori. Yakni, kategori Rumah Sehat, Lingkungan Sehat, Kreativitas Olah Sampah dan KRT Pisah yang akan dikompetisikan dengan tiga desa lokasi Program Aksi Sehat lainnya. Ketiga desa itu adalah Desa Gayam. Mojodelik, Sudu, dan Ngraho.

Untuk penilaian kategori KRT Pisah, tim juri mewawancarai anggota KRT Pisah terkait keorganisasian. Seperti, kepengurusan, program kerja, kekompakan kelompok, dan rencana tindak lanjut.

KRT Pisah Desa Ngraho boleh berbangga diri. Sebab, mereka telah mewadahi kegiatan pengelolaan sampah dengan membentuk Bank Sampah. Namanya “Jaya Makmur Abadi”. Bank Sampah ini dibentuk paska pengukuhan KRT Pisah, Januari lalu.

Sekretariat bank sampah ini bertempat di sebuah warung salah satu anggota KRT yang tidak terpakai.

“Bank Sampah Jaya Makmur Abadi Sudah beroperasi kurang lebih satu bulan ini, dengan kegiatan penimbangan sampah warga yang diakumulasi jumlahnya dalam bentuk tabungan,”uja Rika.

Selain penilaian untuk KRT, pada hari itu juga dilakukan penilaian untuk kategori lainnya. Yakni, Rumah Sehat, Lingkungan Sehatm dan Kreativitas Olah Sampah, dengan mengunjungi 30 rumah warga. (iwd/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: