Adakan Kampanye PHBS di Pondok Pesantren Ar-Rosyid

Kampanye Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Pondok Pesantren Ar-Rosyid, Bojonegoro.

 

BOJONEGORO – Program Aksi Sehat (Akses Sanitasi Bersama Masyarakat) yang kegiatannya mengajak masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), khususnya dalam hal cuci tangan pakai sabun, jamban bebas jentik, serta pemilihan dan pemilahan sampah, kali ini menyasar sektor pendidikan.

Salah satu kegiatan dalam Program Aksi Sehat adalah kampanye pola hidup bersih dan sehat. Pada Jumat (03/02/2017), IDFoS Indonesia mengadakan FGD (Focus Group Discussion) dan Kampanye Program Aksi Sehat di di Pondok Pesantren Ar-Rosyid, Bojonegoro.

Dimulai pukul 14.30 WIB, acara diawali dengan sambutan dan pengantar dari Direktur IDFoS Indonesia Joko Hadi P. Joko mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar pengelolaan program berjalan dengan baik, tidak tumpang tindih tapi saling mendukung kegiatan. ”Dan yang paling penting manfaatnya bisa dirasakan oleh semua yang ada di sini pada umumnya,” katanya.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh pihak Pondok Pesantren Ar-Rosyid Bojonegoro. Dalam sambutannya, pihak pondok pesantren mengharapkan untuk selalu dibimbing dalam pelaksanaannya.

Sedangkan perwakilan EMCL, Andik berharap, FGD bisa merumuskan ide-ide atau gagasan untuk menjalankan program.

Kampanye yang bertujuan untuk mengajak semua elemen, baik siswa-siswi, pengurus pondok pesantren maupun pengajar (guru) untuk menerapkan pola hidup bersih tersebut, diikuti oleh 20 peserta dari OSIS, pengurus pondok putra dan putri, penanggung jawab pengelola sampah dan pendamping program Aksi Sehat.

Dalam kampaye ini, pemberian materi PHBS ditampilkan menggunakan slide show dan video PHBS untuk lebih menarik perhatian siswa. Dari peserta yang hadir, sebagian siswa bisa mempraktekkan dan sudah menerapkan cara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Usai kampanye dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) oleh pendamping masyarakat untuk menentukan pengurus pemilahan sampah untuk mempermudah koordinasi selanjutnya.

Program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat (Aksi Sehat) merupakan program yang dijalankan IDFoS Indonesia bersama ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Pertamina EP Cepu, Badan Kerja sama Blok Cepu atas persetujuan SKK Migas. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: