Adakan Evaluasi untuk Kelangsungan Program

75% bangunan rumah kandang usaha ayam petelur

BOJONEGORO – Difasilitasi oleh IDFoS Indonesia, Senin (21/05/2018) BUMDes Makmur Rejo Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, melakukan evaluasi perkembangan pelaksanaan Program Peningkatan Mata Pencaharian Masyarakat Berbasis Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Melalui Optimalisasi Peran Bisnis BUMDesa.

Dipimpin oleh Laily Mubarokah selaku Manajer Program, evaluasi dilaksanakan di kantor Balai Desa Bandungrejo. Diikuti oleh pengurus BUMDes termasuk PJ pembangunan kandang, tim pendamping lapangan IDFoS Indonesia (Ida dan Puput) dan staff administrasi (Aida).

Hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan pembangunan rumah kandang, instalasi listrik, baterai, instalasi pipa makan dan minum serta pagar untuk keamanan kandang menjadi topik utama dalam evaluasi tersebut.

Evaluasi dilaksanakan sebagai media untuk menilai perkembangan tengah program. Serta, untuk memperbaiki pelaksanaan program, agar usaha ayam petelur dapat dimulai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Hasil yang didapatkan dari evaluasi perkembangan program yaitu, untuk instalasi listrik sudah 45 %, pembangunan rumah kandang 75 %, kaitkan baterai dengan kandang 31%.

Kemudian untuk pembuatan pagar selama tiga hari dilakukan 23 Mei, instalasi pipa makan dan minum pada 31 Mei dengan begitu pada 5 Juni sebelum lebaran rumah kandang siap untuk ditempati.

Usai evaluasi dilanjutkan dengan asistensi keuangan didampingi oleh Aida, melihat administrasi keuangan merupakan hal yang penting maka perlu dilakukan asistensi secara mendalam dan berkala.

Program Peningkatan Mata Pencaharian Masyarakat Berbasis Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Melalui Optimalisasi Peran Bisnis BUMDesa merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina EP CepuĀ  dan difasilitasi Institute Decvelopment of Society (IDFoS) Indonesia. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: