450 Peserta Ikuti Seminar Kewirausahaan

Pemateri memberikan motivasi-motivasi kewirausahaan pada peserta seminar kewirausahaan di pendopo malwopati.

 

BOJONEGORO – Institute Development of Society (IDFoS) Indonesia bekerja sama dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Pertamina EP Cepu, Badan Kerjasama Blok Cepu di bawah naungan SKK Migas, menyelenggarakan Seminar dan Pameran Kewirausahaan pada Minggu (08/01/2017).

Kegiatan yang berlagsung di Pendopo Malowopati, Jl. Mas Tumapel, Bojonegoro tersebut berjalan lancar dan sukses.

Seminar yang mengangkat tema “Bongkar Rahasia Menjadi Wirausaha Kreatif Dan Inovatif” ini menghadirkan pembicara Setia Furqon Kholid. Seorang motivator termuda se-Asia Tenggara dan penulis buku best seller “Muda Kaya Raya”. Setia secara langsung didatangkan untuk memberikan motivasi dan kiat-kiat mendirikan usaha dari titik nol.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 14.00 WIB tersebut diikuti oleh 450 peserta. Mereka dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, pengusaha, ibu rumah tangga dan lainnya.

Hadir juga, jajaran satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) Bojonegoro. Seperti, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Agus Supriyanto, perwakilan Dinas Informasi dan Komunikasi, dan mitra IDFoS.

Selain kegiatan seminar juga digelar pameran kewirausahaan yang diikuti oleh kelompok usaha binaan IDFoS Indonesia dan mitra ExxonMobil Cepu Limited dan LSM lainnya. Wirausaha yang dipamerkan berupa batik, camilan, kaos, handycraft, dll.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Direktur IDFoS Indonesia, Joko Hadi Purnomo. Menurut Joko, kegiatan ini bertujuan untuk berbagi ilmu bagi kita semua untuk  mengembangkan usaha bagi pengusaha pemula.

”Semoga dari peserta seminar nanti banyak yang menjadi pengusaha dan menjadi inspirasi bagi yang lain. Serta ini menjadi salah satu bagian untuk mengurangi pengangguran,” katanya.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Rexy Mawardijaya, juru bicara ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). Dia mengungkapkan, dengan produksi minyak 185 ribu barel per hari (BPH), tentunya tidak bisa tercapai tanpa dukungan seluruh stakeholder di Bojonegoro, termasuk juga para generasi muda yang saat ini berada di ruangan ini.

Rexy menyatakan, pihaknya akan terus membantu Bapak/Ibu dan saudara sekalian untuk bisa mandiri dan menjadi pengusaha. “Perlu diingat bahwa minyak itu energi yang akan habis pada waktunya nanti dan yang akan tersisa adalah pengusaha-pengusaha yang harus kita timbulkan dari sekarang,” ucapnya.

Acara seminar kewirausahan dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Agus Suprianto. Di sela-sela sambutannya, Agus mengungkapkan, pertumbuhan sebuah daerah bisa dibangun apabila wirausaha lebih besar daripada pekerja.

Kegiatan ini mendapat sambutan dan tanggapan yang baik dari para pesertanya. Ini dapat dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti acara tersebut melebihi kuota yang ditetapkan oleh panitia.

Selain mendapatkan teori tentang kewirausahaan, peserta juga dibagi kedalam kelompok, kemudian melakukan demonstrasi secara langsung yaitu bagaimana caranya memasarkan produk kepada konsumen. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: